MANFAAT DIBALIK UBI JALAR UNGU

Pernahkah anda mencoba ubi jalar yang satu ini??? Apa yang terfikir oleh anda ketika menyantap makanan yang satu ini??? Kebanyakan orang beranggapan bahwa ubi jalar ungu ini nikmat tetapi sering menyebabkan flatus (kentut). Namun, tahukah anda jika ubi jalar ini menyimpan banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kita. Mari kita simak sejenak tentang ubi jalar ungu ini.

Tanaman yang bernama latin “Ipomea batatas poiret” ini ternyata sudah banyak digunakan orang sebagai bahan membuat bakpao, cake, kue bahkan es krim. Dibandingkan dengan ubi jalar yang lain, ubi jalar ungu ini lebih kaya kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 mg per 100 g. Ratusan kalilipat dari kandungan vitamin A bit dan 3 kali lipat dari tomat.

Zat gizi apa sajakah yang terdapat dalam ubi jalar ungu???

Setiap 100 g ubi jalar ungu mengandung energi 123 kkal, protein 1.8 g, lemak 0.7 g, karbohidrat 27.9 g, kalsium 30 mg, fosfor 49 mg, besi 0.7 mg, vitamin A 7.700 SI, vitamin C 22 mg dan vitamin B1 0.09 mg. Selain itu, ubi ungu juga mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah. Ubi jalar ungu juga mengandung serat pangan alami yang tinggi, prebiotik, kadar Glycemic Index rendah, dan oligosakarida.

Apa saja manfaat dari ubi jalar ungu???

Ubi jalar ungu ini memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan ubi jalar yang lain. Keunggulan tersebuat antara lain:

Pigmen warna ungu (antosianin)
pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan karena dapat menyerap polusi udara, racun, oksidasi dalam tubuh, dan menghambat penggumpalan sel-sel darah.
Kandungan betakaroten
vitamin E dan vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler.
Kandungan serat dan pektin
di dalam ubi jalar sangat baik untuk mencegah ganguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon.
Antosianin
ubi ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.
Kandungan zat aktif
selenium dan iodin dan dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi yang lainnya, sehingga ubi jalar ungu juga dapat menjadi anti kanker.
Ubi jalar ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas “blueberry”.
Ubi jalar ungu juga baik untuk mendorong kelancaran peredaran darah.

Walaupun ubi jalar ungu sering dianggap sebelah mata karena dianggap sebagai makanan kampungan, tetapi tanpa kita sadari banyak sekali manfaat akan kita dapatkan ketika mengkonsumsi ubi jalar ungu

Diambil dar : http://blog.konsultasigizi.com/info/manfaat-di-balik-ubi-jalar-ungu.html